Cara Setting IP Camera di Speedy

Biasanya terjadi banyak masalah ketika melakukan setting IP Camera di Speedy karena jaringannya memiliki IP Publik yang berbeda-beda dan bisa berubah sendiri. Lalu bagaimana solusinya jika permasalahan tersebut terjadi? Untuk solusinya sebetulnya sangat mudah sekali karena anda tinggal memahami perangkat speedy yang diberikan dan membuat server IP Camera di tempat yang berbeda. Biasanya masing-masing dari penyedia CCTV tersebut menyediakan server dimana anda bisa mengaksesnya dan menggunakannya secara bebas untuk keperluan IP Camera. Langkah berikut ini juga bisa memandu anda untuk melakukan setting IP Camera dengan mudah di jaringan speedy.

Setting IP Camera di Speedy

setting-ip-camera-di-speedy

 

  1. Hubungkan perangkat IP Camera ke jaringan Speedy tempat anda, bisa dengan kabel jaringan atau fitur Wireless pada IP Camera (jika ada).
  2. Download software IP Camera Player yaitu OCX (anda bisa mencarinya di Google karena ada banyak sekali link yang akan membantu)
  3. Setelah instalasi selesai bisa langsung melanjutkannya ke tahap yang lain yaitu menjalankan software IP Camera search tol dimana bisa mencari IP dan DNS dari perangkat speedy di tempat anda. Untuk menjalankannya tinggal klik find kemudian secara otomatis pencarian akan berjalan dan menemukan settingan IP dan DNS tersebut.
  4. Jika IP address sudah ditemukan makan langkah selanjutnya adalah melepaskan sambungan kedua perangkat awal tersebut (IP Camera dan perangkat speedy)
  5. Jika IP Camera anda dilengkapi dengan fitur wireless akan sangat membantu karena settingnya lebih mudah untuk dilakukan. Masuk ke IP Camera tersebut untuk defaultnya memiliki IP Address 192.168.1.99:99 melalui browser anda. Jika ada tampilan username dan password bisa memasukkan username admin dan tanpa password.
  6. Pada tampilannya nanti akan masuk pada pengaturan dari IP Camera tersebut, arahkan pada live view dari IP Camera tersebut untuk memastikan bahwa penghubung sudah bisa dilakukan dan kamera tidak ada masalah teknis.
  7. Sebetulnya jika anda sudah masuk ke bagian ini akan lebih mudah mengatur IP Camera tersebut dari hasil rekaman gambar sampai Clive view pada perangkat lain. Hanya saja perlu dilakukan setting pada jaringan Speedy rumah anda agar bisa mengakses IP Camera tersebut dengan berbagai perangkat yang mendukung.
  8. Anda bisa masuk ke bagian “Interface Operation” kemudian klik “Device Status” dari sini akan tampil banyak pilihan lengkap dengan konfigurasi standarnya.
  9. Langkah setting IP Camera di Speedy selanjutnya adalah masuk ke Wireless LAN Setting dan klik Scan , secara otomatis akan tampil SSID yang berguna untuk masuk ke jaringan IP Camera tersebut.
  10. Setelah semuanya selesai bisa klik subunit kemudian restart IP Camera tersebut dan menunggu selama kurang lebih 30 detik agar kamera siap untuk digunakan. anda juga bisa menempatkan kamera ini pada bagian ruangan tertentu asal masih terkoneksi dengan satu jaringan speedy anda.

Sebetulnya sangat mudah sekali dalam melakukan setting IP Camera di Speedy. Walau terkadang perangkat Speedynya sendiri yang cukup rumit untuk diotak-atik. Selama pemasangan jaringan tersebut anda perlu mencatat setiap username dan password yang sudah dibuat agar tidak membingungkan jika kelupaan. Beberapa kamera CCTV lain membutuhkan DVR dan server sendiri yang pengaturannya lebih rumit lagi dari jaringan Speedy. Jika tidak ingin repot anda bisa memanggil jasa setting CCTV ke tempat anda untuk menyimpan waktu lebih banyak dari pemasangan.