Dengan Tips Ini Dijamin Tidak Akan Ada Lagi Curanmor

Tuntutan pemenuhan kebutuhan hidup sering menjadi pendorong seseorang melakukan tindak kejahatan. Salah satu tindak kriminal yang makin hari makin jamak ditemui adalah pencurian kendaraan bermotor atau curanmor. Agar tidak menjadi korban tentu saja Anda harus berhati-hati dan mencari tahu cara mencegah curanmor. Kejahatan yang satu ini bisa mengintai dimana pun dan kapan pun. Hampir setiap hari kasus pencurian sepeda motor disiarkan di berbagai pemberitaan. Seringnya aksi ini dilakukan tentu membuat hati menjadi was-was dan dihantui perasaan tidak aman. Bahkan rumah sebagai tempat yang terbilang aman pun tidak luput dari incaran para pencuri. Oleh karena itu Anda harus meningkatkan kewaspadaan dan tidak gegabah dalam memarkir kendaraan saat bepergian.

Cara Mencegah Curanmor Agar Motor Aman dan Selamat dari Intaian Pencuri

cara-mencegah-curanmor-2

Motor adalah salah satu jenis kendaraan yang pribadi yang telah menjadi kebutuhan untuk mempercepat dan mempermudah mobilisasi. Saat bepergian rasanya akan lebih nyaman bila menggunakan kendaraan roda dua ini karena lebih fleksibel dan bisa diandalkan dalam kondisi macet. Oleh karena itu tidak heran bila kepemilikan kendaraan jenis ini semakin banyak, hampir semua kalangan kini telah memilikinya. Kondisi tersebut kemudian yang kemudian dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untukĀ  dijadikan sebagai ladang mencari keuntungan. Namun Anda tidak perlu khawatir, beberapa cara mencegah curanmor berikut ini bisa diikuti agar terhindar dari resiko yang merugikan.

1 ) Parkir di Tempat yang Aman

Pemilihan tempat parkir bisa menjadi cara mencegah sepeda motor yang sederhana untuk dilakukan. Tempatkan motor pada lokasi yang tidak terlalu jauh dan masih berada dalam jangkauan pengawasan Anda jika memungkinkan. Meski alasan panas sering menjadi rasionalisasi yang digunakan untuk memarkir motor di tempat yang teduh, bila lokasinya rentan lebih baik pilih tempat yang kira-kira aman saja. Bila tidak memungkinkan untuk tetap terlihat, carilah lokasi yang terpantau oleh kamera CCTV. Saat ini berbagai area publik telah dilengkapi dengan fasilitas yang satu ini. Manfaatkan keberadaan kamera pengintai tersebut untuk mengamankan motor. Saat kemungkinan terburuk menimpa, Anda masih bisa menemukan pencuri dengan bantuan rekaman CCTV.

2 ) Selalu Kunci Stang dan Gunakan Kunci Tambahan Bila Perlu

Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah selalu mengunci stang motor Anda. Kunci stang bisa menyulitkan para pencuri untuk memindahkan motor. Setidaknya langkah ini bisa sedikit memperlama proses pencurian. Kunci tambahan yang biasanya dipasang pada roda motor ini bisa membuat pencuri kesulitan untuk membawa pergi motor Anda.

3 ) Gunakan Alarm Pada Motor

Alarm kendaraan tidak hanya bisa diterapkan pada mobil saja, motor pun kini sudah bisa dipasangi. Alat pengaman yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai cara mencegah curanmor. Cara kerja alat ini tidak berbeda jauh seperti pada mobil saat motor Anda dalam kondisi berbahaya, dimana ada orang yang berusaha untuk menyalakan motor, merusak lubang kunci, dan menggerakan secara paksa maka alarm akan berbunyi. Suara nyaring yang dikeluarkan menjadi pertanda bahwa kendaraan dalam keadaan tidak aman.

4 ) Jangan Tinggalkan Motor Terlalu Lama

Suatu aktivitas kadang menuntut Anda untuk meninggalkan motor dalam waktu yang lama seperti bekerja atau menunggu orang di rumah sakit. Bila telah mengenal lingkungan sebagai lokasi yang aman karena terdapat juru parkir yang membantu pengamanan Anda bisa sedikit merasa lega. Namun saat Anda tidak mengenal keadaan lingkungan dengan baik, dianjurkan untuk mengecek secara berkala keberadaan motor. Tips ini bisa menjadi cara mencegah curanmor yang amat mudah dilakukan.