Tahapan dalam Membuat Tanaman Aquaponic

Apakah Anda memiliki hobi bercocok tanam dan memelihara ikan? Jika iya, Anda harus menjajal yang namanya sistem aquaponic. Tidak jauh berbeda dengan cara bertanam dan memelihara ikan pada umumnya, terdapat beberapa tahapan dan cara membuat aquaponic yang perlu Anda ketahui. Sebenarnya aquaponic sendiri merupakan kombinasi sistem peternakan atau akuakultur dan pertanian hidroponik. Sistem ini termasuk sistem simbiosis mutualisme mengingat kotoran ikan akan digunakan sebagai pupuk tanaman sementara air untuk hidup ikan akan selalu bersih karena disaring oleh tanaman.

Beberapa tahapan dan cara membuat aquaponic

Terdapat tiga tahapan penting saat akan membuat aquaponik, berikut adalah ketiga tahapan tersebut:

1 ) Persiapan

Tahapan pertama dalam cara membuat aquaponic adalah persiapan. Pada tahapan ini, Anda harus menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembuatan tanaman akuaponik. Ada beberapa hal yang dibutuhkan tahapan persiapan ini, yakni seperti:

  • Kolam ikan. Kolam air yang digunakan bisa beragam mulai dari yang permanen menggunakan semen atau beton atau yang sederhana dengan hanya menggunakan wadah plastik. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan model yang diinginkan.
  • Grow bed atau wadah atau media tanam. Media tanam tentu menjadi hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Untuk media tanam ini, Anda bisa menggunakan kasa, culture tray, dan juga arang untuk menjernihkan air.
  • Kran air, pompa air dan pipa. Pompa, pipa dan kran berfungsi untuk mengalirkan air ke media tanam dan juga sebaliknya.

2 ) Pembuatan atau perakitan media aquaponic

  • Menyiapkan kolam ikan. Kolam ikan yang digunakan sebaiknya dipersiapkan dengan baik terlebih dahulu. Tidak ada salahnya mengatur pH air agar sesuai dengan ikan dan tanaman. Usahakan kolam ini memperoleh sinar matahari yang cukup sehingga ikan bisa tumbuh dengan baik.
  • Membuat media tanam. Membuat media tanam dalam cara membuat aquaponic memang sedikit rumit. Ada beberapa model yang bisa dipilih untuk menempatkan media tanam seperti jika diletakkan di atas kolam bisa diletakkan secara vertikal, melintang di atas kolam, atau menggantung di atas kolam. Bagi yang ingin media tanam melintang di atas kolam, Anda harus menambahkan penguat ekstra baik pada dinding sesuai dengan ukuran media tanam tersebut. Agar tanaman tidak jatuh, media tanam harus diberi kasa plastik yang ukurannya sudah disesuaikan dengan wadah.
  • Menyiapkan tanaman. Tanaman yang digunakan bisa beragam mulai dari sayuran ataupun tanaman hias. Sebaiknya tanaman yang akan digunakan di semai di tanah terlebih dahulu sampai siap masa tanam. Saat akan dipindah, bersihkan tanah yang ada pada tanaman lalu pindah ke media tanam yang sudah disiapkan.
  • Menyalurkan air
  • Wadah tanam sebelumnya harus dilubangi khususnya pada bagian bawah dan sampingnya untuk diberi pipa dan juga kran. Untuk mempermudah beri verlop sock dan cerlop ring sehingga pipa bisa menyatu dengan sempurna. Jangan lupa pasang pompa air untuk mempermudah proses penyaluran air tersebut.

3 ) Pemeliharaan

Mungkin tahapan ini tidak termasuk dalam cara membuat aquaponic namun tahapan ini juga tidak boleh terlewatkan. Untuk pemeliharaannya sangatlah mudah. Air mungkin akan sering terlihat keruh akibat media tanam yang tidak sengaja terbawa oleh air yang mengalir dari wadah. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan beberapa karbon aktif pada kolam jika diinginkan.

Sekian penjelasan singkat mengenai tahapan dan cara membuat aquaponic. Semoga bisa bermanfaat.