Tutorial Pasang CCTV Wireless Atau IP Camera

Cara pasang CCTV wireless sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan mengetahui langkahnya. Pemasangan CCTV wireless atau CCTV tanpa kabel sekarang ini banyak diminati. Hal ini dikarenakan CCTV tanpa kabel sangat mudah untuk dipasang. Selain itu, pemantauan juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sehingga jika Anda bepergian keluar kota masih tetap bisa memantau keadaan rumah atau kantor Anda.

Cara memasang CCTV wireless tanpa kabel ini lebih mudah dan praktis. Berikut ini tutorial paling mudah cara pasang CCTV wireless:

jasa pasang cctv murah 1

STEP BY STEP PASANG CCTV WIRELESS

  1. Langkah pertama dalam memasang CCTV tanpa kabel atau wireless adalah menghubungkan IP address pada kamera dengan laptop atau komputer yang akan digunakan untuk memonitoring. Sebelum menghubungkan IP address kamera, pastikan jika IP address kamera atau DVR sudah menyala dengan benar. Untuk topologi IP address kamera bisa disambungkan langsung dengan menggunakan kabel cross.
  2. Setelah itu maka langkah selanjutnya adalah menyesuaikan IP address pada laptop dengan IP address yang ada pada CCTV wireless. Misalnya saja IP address pada kamera diatur dengan alamat 192.168.1.97, maka IP address pada laptop atau komputer dapat diatur menjadi 192.168.1.2. Untuk mengatur IP address pada laptop atau komputer bisa dilakukan melalui Control Panel. Pada menu Control Panel pilih menu Network and Sharing Center kemudian pilih View Network Status dan ubah pengaturan adapternya.
  3. Cara mengubah pengaturan adapter ini bisa melalui menu Local Area Connection kemudian pilih properties. Pada menu Tihis connectione use the followiing items harus diganti dengan Internet Protocol Version 4 atau TCP/IPv4. Dengan langkah ini, maka Anda bisa melihat IP address dan mengubah IP address sesuai dengan yang dibutuhkan.
  4. Setelah pengaturan adapter sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah menginstal software IP installer untuk pendeteksian IP address pada kamera dengan cara otomatis. IP address pada CCTV yang tadinya diisi dengan otomatis harus diubah menjadi manual. Hal ini dikarenakan IP address pada CCTV ini yang nantinya akan digunakan untuk akses CCTV.
  5. Cara mengubah IP address pada kamera CCTV dilakukan secara otomatis setelah IP installer sudah diinstal dengan baik. Biasanya IP address kamera berisi nomor yang acak, namun dengan adanya IP Installer ini, maka IP address acak ini bisa langsung diacak dengan cepat. Sehingga software ini akan langsung bisa mendeteksi IP address kamera dalam waktu yang singkat.
  6. Untuk melihat apakah IP address dari kamera sudah bisa diakses atau belum bisa langsung cek melalui browser. Browser yang digunakan bisa chrome, Mozilla, ataupun Internet Explorer. Setelah masuk pada browser yang biasa digunakan maka pilih menu tools kemudian pilih internet, options. Pada menu security pilih custom level dan aktifkan semua jenis plugin. Jika sudah selesai, maka pilih ok. Untuk melihat rekaman hasil CCTV wireless ini, Anda bisa langsung mengetikkan alamat IP address kamera yang sebelumnya sudah diatur.
  7. Langkah terakhir dalam memasang CCTV wireless adalah menempatkan kamera CCTV sesuai dengan tempat yang diinginkan. Agar CCTV bisa menyala dengan baik maka harus dihubungkan pada switch terdekat. Dengan menggunakan CCTV wireless ini, Anda tidak perlu menghubungkan secara langsung CCTV dengan laptop atau komputer yang digunakan untuk memonitor.

Cara pasang CCTV tanpa kabel ini memang tidaklah sulit, namun jika salah dalam pemrogramannya maka CCTV tidak akan bisa diakses. Oleh karena itu, dalam pemasangannya harus dilakukan dengan benar. Jika Anda sudah menguasai tutorial cara pasang CCTV wireless ini maka Anda sudah bisa memasang kamera CCTV wireless sendiri tanpa harus menggunakan teknisi.
Description: Cara pasang CCTV wireless sangat mudah dengan bantuan tutorial ini. Anda bisa belajar sendiri bagaimana cara untuk memasang CCTV tanpa kabel di rumah atau di kantor.